Kematian Massal Setelah Tebar Benih ikan lele akibat pakan Kotoran Hewan

Asslamualaikum.Wr.Wb..

Salam Sehat Untuk Kita Semua,

Dikarenakan Ketidak tahuan dan kebodohan saya, setalah 4 Hari Tebar Benih sebanyak 2500 ekor, terjadi kematian Massal, hampir semua benih ikan lele yang ada di kolam HAMPIR MATI SEMUA !! Hal ini tentu saja mengejutkan sebagai peternak ikan lele.

Di hari ke dua setelah tebar benih, sekantung keresek benih ikan lele mati, setiap hari sampai dengan hari ke 4, selalu terjadi kematian ikan secara masive. Minimal satu kantung keresek benih ikan lele di panen dalam keadaan mati.

Kenapa hal itu bisa terjadi, berikut pengalaman yang tidak bisa lupakan ini...

Pada Hari ke dua setelah tebar benih saya memasukan fermentasi kotoran sapi ke dalam kolam.
Fermentasi kotoran sapi itu saya buat dua minggu sebalum tebar benih dengan cara, kotoran sapi di tambah dengan air lalu di aduk sehingga kotoran sapi tersebut seperti adonan kental, lalu di masukan cairan EM4, Cairan Gula Merah dan Terasi yang sudah di Cairkan. Lalu di aduk.  Lalu tempat penyimpenan campuran kotoran sapi tersebut di tutup rapat sehingga kedap udara, maksudnya untuk di fermentasi, hal tersebut saya lakukan setelah membaca beberapa artikel tentang pakan ikan lele dari kotoran sapi.

Lalu di hari kedua setelah tebar benih, saya memasukan kotoran sapi yang sudah 2 minggu di fermentasi tersebut ke dalam kolam, dengan maksud memberi pakan ke ikan, karena saya fikir di hari kedua ini ikan sudah mulai lapar dan harus diberikan pakan.

Fermentasi kotoran sapi tersebut di masukan sebanyak 3 Gayung mandi ke dalam kolam, dan malamnya benih ikan mulai menggantung lalu mati.

Ada beberapa pelajaran yang saya dapat kan dari peristiwa ini :
1.       Jangan Memakai suatu sistem budidaya yang belum dikuasai betul ilmunya.
2.       Beli lah benih dengan kualitas bagus.
3.       Pelajari ilmu suatu sistem budidaya dengan baik sampai benar-benar terkuasai.

Dengan adanya kejadian ini saya menyadari mungkin ini adalah ongkos belajar berbudidaya ikan lele dengan menggunakan Kotoran Sapi sebagai Pakan Ikan. Semoga pengalaman saya ini bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua.
Untuk Lebih Jelas dengan kejadian ini silahkan tonton video saya di biksen akuaponik vlog, dengan link nya sebagai berikut...


Terimakasih berkunjung ke Blog Saya, Silahkan Ikutin terus Blog Kegiatan Berakuaponik dan ternak lele Biksen Akuaponik Blog. untuk mengetahui kegiatan saya...

Salam Sehat untuk Kita Semua..

Asslamualaikum Wr.Wb.




No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.