Ketinggian Air kolam Ikan Lele Berdasarkan Panjang Ikan Lele


Assalamualaikum wr wb
Salam sehat untuk kita semua..

Di Artikel kali ini biksen akuaponik  akan berbagi mengenai ketinggian air yang ideal untuk ternak ikan lele di kolam terpal, di kolam beton, kolam tanah dan lain-lain.
Dikarenakan banyak yang bertanya ke biksen akuaponik mengenai ketinggian air yang ideal untuk ternak ikan lele berdasarkan umur atau Panjang ikan lele.

Saya akan berbagi mengenai ketinggian air yang ideal untuk ternak ikan lele berdasarkan Panjang ikan lele, kenapa panjang ikan lele yang saya pilih… karena di Indonesia ini untuk jual beli benih ikan lele berdasarkan panjang ikan lele. Di video ini yang saya bahas hanya ketinggian air yang ideal untuk ternak lele saja, sedangkan untuk persiapan air kolam sebelum tebar benih, dan lain sebaginya mengenai bagaimana cara berternak ikan lele silahkan teman teman baca artikel artikel di blog saya atau tontonin video dari biksen akuaponik vlog yang ada di playlist channel biksen akuaponik vlog di youtube.

Sebelum saya melanjutkan tentang ketinggian air kolam yang ideal untuk ikan lele, sebaiknya saya jelaskan karakteristik ikan lele didalam kolam. Ikan Lele adalah ikan yang mencari makan di air bagian atas atau memakan pellet apung dan ikan lele mempunyai kebiasaan berenang ke atas untuk menghirup oksigen atau udara segar. Walaupun air kolam sudah di bantu dengan aerator maupun venturi, ikan lele tetap memiliki kebiasaan berenang ke atas dan ke bawah.

Ketinggian air kolam yang ideal ini saya paparkan berdasarkan pengalaman selama berbudidaya ikan lele, Sebenarnya ikan lele mampu bertahan hidup di ketinggian air yang melebihi kemampuan panjang tubuh nya, namun yang sedang kita hadapi adalah mencoba memelihara ikan lele dengan jumlah yang banyak dalam satu kolam, dimana ikan akan berbagi tempat dengan yang lainnya, sehingga kita harus memberikan fasilitas habitat yang nyaman untuk ikan lele.

Ketinggian air yang ideal untuk air kolam ternak ikan lele apabila teman teman memulai ternak lele dari memijahkan sendiri ikan lele maka, ketinggian air yang ideal untuk ikan yang baru menetas sampai dengan ukuran 1 cm s/d 2 cm adalah 15 sm s/d 25 cm. kenapa ikan yang baru menetas memerlukan air yang tidak terlalu tinggi, dikarenakan ikan yang baru menetas memiliki kebiasaan menempel di dasar kolam sampai dengan umur 3 hari, dan apabila menempel dikakaban pun , tinggi kakaban lebih baik sekitar 15 cm s/d 25 cm campai ke batas tinggi air. Setelah umur ikan 3 hari dan kakaban di ambil dari kolam, maka disarankan ketinggian air 15 cm s/d 25 cm, supaya larva ikan mampu berenang sampai ke batas tinggi air.

Setelah ikan berukuran 1 cm s/d 2 cm air dinaikan menjadi ketinggian 25 cm s/d 30 cm sampai dengan ikan berukuran 2 cm s/d 4 cm. ikan dengan ukuran 1 cm s/d 2 cm biasa nya ikan sudah di perkenalkan dengan pakan tepung, yang mengapung di air bagian atas, untuk mempermudah ikan mencapai makanan nya maka ketinggian air 25 cm s/d 30 cm cukup untuk ikan lele mendapatkan makanan nya.

Setelah ikan berukuran 2 cm s/d 4 cm air dinaikan menjadi 30 cm s/d 40 cm sampai dengan ikan lele berukuran 4 cm s/d 6 cm, untuk ikan berukuran 2 cm s/d 4 cm biasa nya ikan lele sudah dikenalkan dengan pellet yang berukuran sangat kecil, dan pellet yang diberikan adalah pellet apung sehingga ikan harus dipermudah dalam mendapatkan  makanannya. Dari ukuran 2 cm s/d 4 cm sampai dengan ikan berukuran siap panen ukuran konsumsi ikan lele diberikan pakan apung.

Setelah ikan berukuran 4 cm s/d 6 cm air dinaikan menjadi 50 cm s/d 60 cm sampai dengan ikan berukuran 7 cm s/d 9 cm, ini lah ukuran benih ikan lele terakhir yang riskan akan kematian, dimulai ikan menjadi larva sampai dengan ikan berukuran 6 cm, ikan rentan sekali terhadap penyakit dan stress sehingga diperlukan perawatan yang cukup baik supaya ikan bertahan hidup.

Setelah ikan berukuran 7 cm s/d 9 cm air dinaikan menjadi 70 cm s/d 80 cm sampai dengan ikan berukuran 10 cm s/d 12 cm,  diukuran inilah ikan sudah mulai agak kuat apabila ikan diberikan ketinggian air mencapai 80 cm, sangat direkomendasikan apabila teman teman yang baru mau memulai budidaya ikan lele, mulailah dengan ukuran 7 cm s/d 9 cm.

Setelah ikan berukuran  10 cm s/d 12 cm air dinaikan menjadi 80 cm s/d 100 cm sampai dengan ikan berukuran 12+

Setelah ikan mencapai ukuran panjang 12+ ketinggian air kolam bisa di cukupkan sampai dengan 100 cm atau bisa ditambah s/d 120 cm sampai dengan ikan siap dipanen dengan ukuran konsumsi.

Di Indonesia Jual beli benih ikan lele yang berdasarkan Ukuran panjang ikan lele dan ukuran nya pun beraneka ragam berikut benih ikan lele yang biasa di jual beli di Indonesia tidak ada ukuran yang seragam, jadi apabila teman teman menemukan ukuran yang tidak ada seperti di video ini, misalkan teman teman membeli ukuran ikan lele dari penjual benih ikan lele dengan ukuran 3cm s/d 5 cm, teman teman tidak perlu bingung silahkan disesuaikan dengan ukuran yang terdekat dari Standar ketinggian air kolam ikan lele ala biksen buatlah ketinggian air kolam sesuai dengan untuk ukuran ikan lele 4 cm s/d 6 cm.

Oke demikian lah Ketinggian air kolam ikan lele yang ideal menurut biksen akuaponik blog yang disesuaikan dengan ukuran panjang tubuh ikan lele.

Untuk lebih jelas mengenai ketinggian air kolam yang ideal untuk ternak lele berdasarkan panjang ikan lele, silahkan tonton video nya berikut ini…



Semoga bermanfaat, jangan lupa Follow blogspotnya biksen akuaponik, salam sehat untuk kita semua, Assalamualaikum wr wb.





2 comments:

  1. Kalo baru beli kan dimasukkan kedalam plastik, pas mau dibuka tunggu ikannya tenang dulu apa gimana ya? Tkt ikannya stress dlm perjalanan didalam plastik..

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.