Manfaat Garam Kerosok Untuk Kolam Ikan Lele


Asslamualaikum Wr Wb..
Salam Sehat Untuk Kita Semua...



Garam merupakan suatu kebutuhan yang cukup Penting untuk Para peternak ikan pada umum nya. Terutama pada peternak ikan yang mudah stress yang disebabkan oleh perubahan keasaman air, kandungan air terlarut,dll.  Dan Ikan Lele adalah salah satu ikan yang termasuk kedalam golongan ikan yang memerlukan Garam dalam budidaya nya.
Garam yang di maksud adalah Garam Kerosok atau garam NaCL, yang tentunya berbeda dengan garam dapur atau garam untuk penyedap rasa pada makanan walau pun secara Rupa dan warna nya sama.
Perbedaan Utama Garam kerosok dengan garam dapur adalah pada kemurniannya, garam kerosok hanya mengandung NaCL saja, sedangkan Garam dapur sudah di perkaya dengan bahan lain yang memang berfungsi baik untuk manusia, Seperti yodium dan bahan lainnya.
Walaupun beberapa peternak ikan lele ada juga yang pernah memakai garam dapur, dan diketahui tidak berdampak buruk pada ikan lele, namun sangat di sarankan menggunakan Garam Kerosok/Garam khusus Ikan.
Untuk Penggunaan Garam Kerosok atau garam Ikan ini, biksen akuaponik biasa di gunakan pada saat persiapan kolam sebelum tebar benih, pada saat penanganan penyakit pada ikan lele dan pada saat setelah turun hujan.
Untuk Penggunaan Pada persiapan Kolam Sebelum tebar benih silahkan di tonton video dari biksen akuaponik Vlog, ada beberapa cara persiapan kolam sebelum tebar benih yang sudah di praktekan oleh biksen akuaponik. Silahkan tonton untuk lebih jelasnya cari di playlist video biksen akuaponik vlog.
Begitupun dengan video penanganan penyakit pada ikan lele, garam merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan ramuan herbal ala biksen, silahkan di kunjungi link berikut Ramuan herbal ala biksen akuaponik

Baiklah...
Berikut Beberapa Manfaat dari Garam  Kerosok untuk Ikan Lele :
1. Menjaga keseimbangan cairan tubuh ikan (osmoregulasi).     
Dengan berada di air kolam tawar yang minim garam, secara alami larutan garam akan banyak keluar dari tubuh ikan. Hal ini menyebabkan ikan stres dan rentan penyakit. Penggaraman kolam bertujuan untuk menyeimbangkan kandungan garam antara air dan tubuh ikan sehingga kesehatan ikan lebih terjaga.
2. Menghambat pertumbuhan mikroorganisme berbahaya.
Garam dapat menghancurkan sel mikroorganisme yang sifatnya patogen (berbahaya) bagi ikan, seperti parasit Argulus, Gyrodactylus, Trichodina, dan jamur Saprolegnia. Biasanya, garam untuk pencegahan penyakit ini dilakukan pada saat awal tebar karena benih belum memiliki daya tahan tubuh yang kuat.
3. Menstabilkan pH air kolam.
Pada kondisi tertentu, pH kolam dapat berubah secara drastis, baik menurun (asam) atau meningkat (basa). Penurunan pH biasanya diakibatkan oleh air hujan terus-menerus, sedangkan peningkatan pH diakibatkan tingginya kandungan amonia dalam kolam. Garam bisa membantu menstabilkan pH air.
4. Mengikat nitrit.
Nitrit pada air kolam dapat terserap ke sistem peredaran darah ikan sehingga mengurangi kemampuan ikan dalam mengikat oksigen. Akibatnya, ikan kekurangan oksigen yang menjadikan darahnya berwarna coklat, bukan merah segar.
5. Menjaga ikan agar tidak stres pada saat pemindahan
Pada saat Pemindahan Ikan Lele dari satu kolam ke kolam lainnya, Ikan lele pasti mengalami Stress, baik itu terkena alat penangkap ikan atau pun kondisi kolam yang membuat ikan tidak nyaman, seperti air kolam yang tiba tiba bergerak (terobok obok), berkurang nya air kolam, dsb.
Itulah beberapa Manfaat Garam kerosok atau Garam Ikan yang dapat biksen akuaponik vlog simpulkan. Semoga Bermanfaat...
Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat ..
Untuk videonya tetntang
Salam Sehat Untuk Kita semua..
Asslamualaikum..

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.